Cara Copywriting Jualan Online dan Kesalahan yang Sering Terjadi

Posted on

Kayqi.com – Banyak yang penasaran dengan cara copywriting jualan online. Benar adanya, copywriting memang teknik komunikasi yang efektif untuk penjualan. Akan tetapi, beberapa orang gagal menerapkan copywriting, tidak terjadi peningkatkan penjualan. Apanya yang salah?

Copywriting Tidak Dibaca Oleh Banyak Orang, Akibatnya Jualan Online Sepi

Sebagus apapun copywriting yang Anda buat, jika tidak dibaca oleh banyak orang, tentu saja menjadi tidak efektif.

Jadi, sebelum membuat copywriting untuk jualan online, takar berapa banyak orang yang akan membaca copywriting Anda. Ini cara yang logis.

Di sini, Anda membutuhkan media. Semacam tempat yang akan Anda gunakan untuk memosting copywriting Anda.

Dan pastikan, media itu terdapat orang yang hilir mudik di sana. Kalau dalam dunia online, sering disebut dengan istilah traffic.

Anda mungkin menggunakan Facebook personal untuk memosting copywriting, ini tidak masalah. Ini juga media, ada hilir mudik di sana.

Tapi perlu diketahui pula, bahwa kenyataaannya, media sosial seperti Facebook, ada kemungkinan orang-orang menganggap sebuah postingan promosi sebagai iklan yang harus di-skip.

Untuk itu, selaian copywriting, jika memang Anda menggunakan sosial media sebagai sumber traffic, maka story telling (bercerita) akan menjadi cara yang mungkin lebih baik.

Jika Anda memiliki sumber traffic lainnya (misalnya website atau Ads), Anda boleh memosting copywriting secara penuh.

Cara Copywriting Jualan Online (1) :

“Pastikan Anda memosting copywriting Anda di tempat-tempat atau media dimana banyak orang berkumpul di sana. Dengan demikian, akan banyak yang tertarik dengan penawaran Anda.”

Tidak Ditujukan Pada Target Market yang Tepat, Ini Berakibat Copywriting Jualan Online Gagal

Pada kasus berikutnya, copywriting sudah bagus, list pertemanan di Facebook juga sudah banyak, tapi masih tetap minim closing. Apa yang terjadi?

Ada kemungkinan, list pertemanan berisi orang-orang yang bukan target market potensial. Ini membuat closing lebih lambat.

Tapi setidaknya, dengan jumlah pertemanan yang lebih banyak, Anda berpeluang mendapatkan target market secara acak.

Sampai di sini peluang Anda adalah :

“Jika copywriting bagus, jumlah teman banyak, maka peluang closing tetap ada. Jauh lebih besar ketimbang copywriting bagus tapi teman sedikit.”

Untuk itu, Anda perlu menambah jumlah teman. Walaupun, Facebook sendiri memberikan batas jumlah pertemanan.

Jika demikian, Anda bisa memilih approve atau invite teman-teman yang punya peluang lebih besar. Anda perlu mempelajari buyer persona untuk mengakali ini.

Untuk memahami buyer persona, silahkan baca artikel berikut ini.

Cara Copywriting Jualan Online (2) :

“Anda akan kesulitan untuk menjual produk Anda kepada orang yang tidak membutuhkannya. Tugas Anda sekarang adalah memosting copywriting Anda di tempat-tempat (atau media) yang terdapat lebih banyak orang dan kemungkinan besar mereka membutuhkan produk Anda.”

Produk yang Dijual Tidak Berkualitas, Penyebab Jualan Online Susah Repeat Order

Sebagus apapun copywriting yang Anda buat, jika produknya tidak berkualitas, atau tidak sesuai dengan yang dipersepsikan dalam copywriting, juga berakibat jualan online sepi.

Terkadang sebuah copywriting terkesan bombastis, tapi setelah produk terbeli, jauh dari ekspektasi. Ini juga masalah.

Produk berkualitas tetap menjadi aspek utama yang tidak boleh dilupakan.

Sebagai contoh, produk gamis Aulia menjadi mudah repeat order karena berkualitas. Jika didukung dengan copywriting bagus, maka hasilnya pun semakin laris.

contoh copywriting yang menarik,

Prouk bagus membuat kepercayaan konsumen semakin baik. Mereka tidak ragu untuk membeli pada kesempatan berikutnya (repat order).

Perlu diketahui juga, terkadang copywriting yang disertai produk berkualitas, adalah pintu menuju marketing M to M. Apa itu?

Promosi dari mulut ke mulut. Suatu kondisi ketika seorang konsumen merasa puas dengan suatu produk, lalu menceritakan pada banyak orang.

Akan tetapi M to M juga tak sepenuhnya mudah. Selain copywriting bagus, produk bagus, pelayanan Anda juga harus memuaskan.

Cara Copywriting Jualan Online (3) :

“Copywriting akan semakin baik jika produk yang diulas memang berkualitas. Sebagus apapun copywriting, jika produknya jelek, maka susah repeat order. Gamis Aulia adalah salah satu contoh produk berkualitas yang memiliki peluang besar untuk repeat order.”

Cara Copywriting Jualan Online Paling Dasar Adalah Menjelaskan Value Produk

Untuk memudahkan Anda membuat copywriting, langkah awal yang harus diketahui adalah mengetahui value utama produk.

Apa itu value? Semacam “nilai” atau “sesuatu” yang membuat produk Anda berbeda dan lebih istimewa dibanding produk lain.

Sebagai contoh, produk gamis Aulia Fashion memiliki value desain unik. Ini membuat gamis Aulia berbeda dengan gamis syari sejenis.

Kendati mengusung konsep syari, gamis Aulia tetap inovatif. Bahasa desainnya mampu menjawab tuntutan berbusana muslimah di jaman modern.

Tidak terlalu klasik sebagai gamis syari, tetapi mampu menonjolkan sisi casual. Ini cocok untuk orang yang awalnya bahkan harus berpikir dua kali untuk mengenakan gamis syari.

Faktor ini yang membuat gamis Aulia bisa diterima oleh semua kalangan. Bahkan remaja atau anak muda, pun akan tetap percaya diri mengenakan gamis syari Aulia ini.

Adapun value dasar lainnya, seperti menggunakan bahan pakaian premium yang halus dan tidak menerawang, beberapa brand pun mungkin mengusung konsep yang sama.

Dalam penulisan copywriting, Anda bisa menuliskannya dalam konsep seperti :

“Desain gamis syari Aulia yang unik, membuat Anda tidak perlu ragu untuk mengenakan gamis syari, bahkan untuk kali pertama. Singkirkan jauh-jauh pikiran Anda bahwa mengenakan gamis syari itu ribet. Aulia beda, Anda tetap bisa tampil kece dengan konsep desain yang sengaja dibuat untuk muslimah modern seperti Anda.”

Cara Copywriting Jualan Online (4) :

“Anda harus tahu atau mencari tahu apa sisi paling berbeda dan menarik dari produk Anda dibanding dengan produk lain yang sejenis. Ini adalah kunci untuk membuat orang memiliki alasan mengapa harus membeli produk Anda. Sebagai contoh, value gamis Aulia adalah pada konsep desain yang berbeda dari gamis kebanyakan.”

Kesimpulan Tentang Cara Copywriting Jualan Online

Cara copywriting jualan online di atas merupakan tahapan dasar yang harus Anda ketahui sebelum akhirnya belajar lebih banyak tentang copywriting tingkat lanjutan.

Anda bisa bergabung menjadi mitra kami dan menjual gamis Aulia Fashion untuk kemudian mendapatkan lebih banyak panduan copywriting.

Mau jualan baju muslim yang terbukti laris di pasaran? Tekan tombol “Tanya Mitra” di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *