Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online Agar Laris, Ini Jarang Diungkap

Posted on

Kayqi.com – Cara memulai bisnis kosmetik online perlu Anda ketahui bagi yang baru berencana memulai usaha di bidang ini. Selain memilih supplier terpercaya, ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui dengan cermat. Silahkan simak penjelasannya.

Apa Itu Bisnis Kosmetik Online

Bisnis kosmetik online adalah menjual produk kosmetik dengan memanfaatkan media online (internet), seperti di sosial media, website pribadi, marketplace, maupun di media lainnya.

Perbedaan yang jelas antara berbisnis kosmetik online dengan offline, adalah pada teknik promosinya.  Pada pemasaran online, diperlukan tinggi kreativitas, ini yang jarang diketahui banyak orang.

Lalu seperti apa kreativitas yang bagus untuk memulai bisnis kosmetik secara online? Berikut cara memulai bisnis kosmetik online yang wajib Anda ketahui :

Memulai Bisnis Kosmetik dengan Mencari Supplier yang Menyediakan Konten Promosi

Mencari supplier kosmetik untuk bisnis online, tidak cukup terpercaya saja. Tapi, kita harus mendapatkan banyak dukungan agar proses promosi semakin mudah.

Salah satunya, adalah konten promosi (gambar, video, caption), yang sudah disediakan dengan lengkap oleh si reseller. Apa tujuannya?

5 Cara Memulai Bisnis Skincare Agar Ramai Pembeli

Tujuannya, agar para pemula seperti Anda tidak kebingungan ketika membuat posting, baik di medsos maupun di media lainnya.

Bayangkan jika akan posting promosi, Anda malah tidak memiliki ide, blank! Efeknya, akan memperlambat kinerja Anda dalam memulai bisnis kosmetik ini.

“Pastikan Anda mencari reseller yang tidak hanya terpercaya, namun menyediakan konten promosi yang banyak dan lengkap. Tujuannya supaya para pemula tidak kebingungan. Cek reseller kosmetik di akhir artikel

Membuat Lebih Banyak Video untuk Promosi Bisnis Kosmetik Online

Konsumen kosmetik dan kecantikan, biasanya akan lebih tertarik jika konten promosi berupa video, dibanding tulisan yang panjang-panjang atau gambar testimoni yang cenderung membosankan.

Kok bisa?

Karena video akan memberikan gambaran dan wawasan yang jelas (dan meyakinkan) bagi konsumen yang baru berencana membeli.

Saran saya, cobalah membuat lebih banyak video yang berupa :

  • Tutorial makeup
  • Makeup revolution
  • Video tips merawat kulit wajah
  • Dan sebagainya..

Posting video tersebut di media yang Anda miliki secara masif. Jangan hanya di Youtube saja, tapi posting juga di Facebook, IGTV, atau bahkan di TikTok.

“Video memiliki kekuatan yang besar dalam membangun kepercayaan. Jadi, bisnis kosmetik online akan jauh lebih menarik jika menggunakan video sebagai alat promosi.”

Fokus Pada Satu Media Online, Tapi Posting di Banyak Media

Setiap media online (misalnya sosmed) memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang lainnya. Misalnya antara Facebook dan Instagram, karakternya juga berbeda.

Posting boleh di semua media, tapi harus ada satu yang dioptimalkan. Mengapa?

Alasannya, karena akan kesulitan untuk memahami bagaimana media itu dapat bekerja secara efektif. Maksudnya bagaimana?

Anggap saja kita memulai bisnis kosmetik online dengan berjualan di Facebook. Maka kita membutuhkan waktu tidak sebentar untuk memahami cara kerjanya, dari mulai promosi hingga closing.

Dari sana, kita akan tahu polanya. “Oh, proses menawarkan kosmetik di Facebook dari promosi sampai closing, ternyata seperti ini, ya?”

Nah, proses untuk bisa tahu pola semacam itu, tentu saja membutuhkan waktu, pengalaman dan jam terbang. Tidak bisa langsung laris, kan?

Oleh karena itu, jika Anda merasa tidak mampu untuk mempelajari cara kerja media online dengan detail, lebih baik fokuskan pada satu media saja.

Akan tetapi, media lainnya tetap diupdate, anggap sebagai pelengkap dan ikhtiar, siapa tahu, ada traffic yang datang dari sana.

“Anggap saja untuk mempelajari cara kerja Facebook mempromosikan kosmetik Anda, pun butuh waktu dan pengalaman bertahun-tahun. Fokus dulu di satu media agar kita paham duku kekurangn dan kelebihannya.”

Mulai Bisnis Kosmetik Online Anda dengan Endorsemet, Ini Lebih Meyakinkan

Konsumen itu senang ikut-ikutan, begitulah fakta yang tidak bisa dipungkiri.

Ketika ada orang yang menjadi panutan (atau menjadi idola), menggunakan brand tertentu, si follower akan mempercayainya, lalu penasaran dan ikutan beli. Ini logika dasar.

Oleh karena itu, mengendorse publik figur akan sangat penting dilakukan, khususnya di awal-awal Anda memulai bisnis kosmetik secara online.

Sebisa mungkin, konten endorse berupa video yang menyebut nama Anda. Ini sangat penting untuk menjaga reputasi dan kepercayaan calon konsumen kepada bisnis Anda.

Endorse tidak selalu kepada artis ibukota atau publik figur terkenal lainnya. Jika low budget, mulailah dengan mengendorse selebgram tarif murah meriah yang ada di kota Anda.

“Pemasaran kosmetik secara online membutuhkan bukti sosial. Oleh karena itu, peranan publik figur sangat penting untuk mendongkrak kepercayaan calon konsumen.”

Agendakan Promo Secara Berkelanjutan, Ini Bagus untuk Bisnis Kosmetik Online

Idealnya, promo itu tidak cuma sesekali, tapi terus-menerus. Jangan bingung, tahu kan, mengapa di mal-mal hampir setiap hari selalu ada diskon?

Ya, promo seperti diskon, giveaway, buy one get one, dan sebagainya, adalah trik jenius untuk membuat konsumen terus-menerus tertatik untuk membeli produk Anda.

Strateginya bebas. Anda bahkan bisa mencontek bagaimana swalayan Alfamart menggunakan masa promo Jumat-Sabtu-Minggu (JSM), untuk menarik pelanggannya.

Anda bisa mencontek pola yang sama. Misalnya, diskon setiap hari Jumat, free ongkir setiap hari Minggu, dan sebagainya.

Triknya, berikan promo semacam itu dengan berbatas, baik waktu maupun jumlah konsumen beruntung. Buat apa? Agar konsumen tidak menunda-nunda untuk membeli.

Apakah nanti tidak rugi?

Cek kembali manajemen (pembukuan) usaha Anda, anggarkan biaya untuk promosi. Termasuk diskon, free ongkir, giveaway dan sejenisnya, masukkan ke sub pengeluaran promosi.

“Setiap keuntungan menjual produk kosmetik, tidak sepenuhnya menjadi milik Anda. Sebagian diantaranya adalah milik (hak) konsumen. Kembalikan lagi ke konsumen dalam bentuk kreativitas promo. Menarik, bukan?”

Kesimpulan Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Cara memulai bisnis kosmetik online paling istimewa adalah dengan sentuhan kreativitas dan inovasi promosi yang tidak pernah berhenti. Memang, selalu ada konsekuensi biaya, seperti memancing yang selalu butuh umpan. Tapi semakin kreatif, semakin besar peluang yang didapatkan. Selamat mencoba.

Mau jualan kosmetik yang dibimbing dengan sabar oleh tim kami? Klik/sentuh tombol “Tanya Mitra” yang ada di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *