5 Cara Menjual Kosmetik dengan Mudah dan Cepat Menghasilkan

Posted on

Kayqi.com – Cara menjual kosmetik dengan mudah, merupakan idaman bagi Anda yang selama ini berbisnis kosmetik maupun yang berencana memulai bisnis kosmetik. Ada 5 strategi yang harus Anda ketahui dan diterapkan sekarang juga. Silahkan simak, semoga bermanfaat.

Cara menjual kosmetik dengan mudah adalah sebagai berikut :

1. Jadilah Penjual yang Disukai Agar Bisa Menjual Kosmetik dengan Mudah

Pada kenyataannya, seorang penjual harus memiliki satu keterampilan andalan. Keterampilan ini berhubungan erat dengan ilmu psikologi. Apa itu? Penasaran?

Ya. Seorang penjual harus memiliki keterampilan mempengaruhi orang lain. Penjualan adalah bermain-main dengan psikologi pengaruh. Makanya, Anda harus mempelajari hal ini.

Lalu, dengan cara apa seorang penjual kosmetik mempengaruhi calon pembelinya?

  • Melalui kalimat penawaran yang diungkapkan secara lisan.
  • Menggunakan diksi (pemilihan kata) pada saat melakukan chating.

Nah, ada satu fakta menarik, bahwa ternyata, “Calon pembeli biasanya akan lebih mudah dipengaruhi oleh orang lain yang ia sukai”.

Tips cara menjual kosmetik dengan mudah yang pertama :

“Di tahap awal, dalam setiap percakapan (baik melalui tatap muka maupun chating), berpikirlah agar apapun yang kita ungkapkan, akan membuat calon pembeli menyukai dengan diri kita. Baik melalui bahasa yang santun, ramah, perhatian, dan penuh simpatik.”

2. Rajin Berinteraksi, Kunci Keberhasilan Memulai Bisnis Kosmetik

Khusus untuk Anda yang biasa menjual kosmetik secara online melalui sosial media, usahakan jangan cuma rajin bikin status, tapi rajin-rajinlah berinteraksi.

Berinteraksi dengan siapa? Tentu dengan teman-teman kita di medos.

Lebih utama lagi, dengan mereka yang sedang kita incar sebagai calon pembeli potensial.

Lalu, bagaimana trik berinteraksi yang cerdas di sosial media?

  • Apabila ada teman yang posting status, usahakan agar kita ikutan berkomentar.
  • Jika belum sempat berkomentar, minimal berikan like untuk menaruh perhatian di awal.
  • Pada waktu komentar, sampaikan sesuatu yang positif, jangan berlebih-lebihan.
  • Ketika teman membuat status yang inspiratif, minta izin untuk share.

Prinsip yang perlu diperhatikan ketika berinteraksi, tetaplah rendah hati.

Jangan sampai terkesan sok pintar, nanti malah membuat teman merasa kurang suka dengan diri kita.

Tips cara menjual kosmetik dengan mudah yang kedua :

“Agar calon pembeli memandang positif terhadap diri kita, mulailah dengan mencuri perhatian mereka. Caranya, lakukan interaksi (like, comment) dengan santun, penuh kerendahan hati. Ini baru permulaan untuk menjalin hubungan, bukan untuk menjual, ingat ini.”

3. Jadikan Calon Pembeli Kosmetik Sebagai Teman, Bukan Pembeli

Ketika interaksi sudah terbangun, tidak ada salahnya, kita melanjutkan hubungan yang lebih dekat. Tapi sabar, jangan terburu-buru membahas seputar kosmetik.

Cari tahu dulu, apakah teman (yang sedang kita incar) memberikan feedback positif atau umpan balik menyenangkan terhadap diri kita, atau justru terkesan datar?

Jika terkesan datar, sebaiknya tahan diri. Jangan terlalu bersemangat untuk sok kenal sok dekat (SKSD) dengan memborbardir banyak komentar.

Apalagi, membahas perihal kosmetik terlalu jauh.

Reaksi setiap orang yang didekati akan berbeda-beda. Khusus untuk mereka yang tampak acuh, tidak perlu terlalu diprioritaskan. Biarkan semuanya berjalan apa adanya.

Sesuatu yang jauh lebih penting, fokuskan kepada teman-teman yang kelihatan ramah dan antusias.

Terutama, ketika kita posting perihal kosmetik, dirinya merespons positif.

Patangan yang tak boleh dilakukan adalah tiba-tiba langsung dm dan menawarkan produk kosmetik. Jangan, ini bukan etika yang baik, bahan riskan ditolak.

Tips cara menjual kosmetik dengan mudah yang ketiga :

“Setelah alur persahabatan berjalan natural tanpa terkesan dibuat-buat, cari celah untuk bisa membangun hubungan lebih dekat lagi. Caranya, buat tema komunikasi menarik, supaya bisa dijadikan alasan kuat memulai mengirim direct message (dm).”

4. Menjual Kosmetik Terasa Mudah Jika Kita Mirip Dengan Mereka

Seorang calon pembeli, biasanya cenderung lebih suka dengan penjual yang mirip dengan dirinya.

Oleh karena itu, rahasianya adalah :

  • Buatlah status yang menunjukkan kalau kita senasib dengan calon pembeli kita.
  • Balas status mereka dengan komentar yang selaras dengan isi dan suasana hati mereka.
  • Untuk hal-hal yang berhubungan dengan kebaikan, berusahalah untuk pro, tidak kontra.

Sebagai contoh, jika target market kita emak-emak, ya bikinlah status yang relevan dengan pikiran dan perasaan emak-emak pada umumnya.

Ini artinya, sekalipun kita seorang penjual kosmetik, bukan berarti setiap hari harus mengupdate status medsos dengan postingan kosmetik, ini salah.

Akan tetapi, warnai dengan postingan yang :

  • Menarik untuk dibahas atau dikomentari.
  • Memancing komentar orang lain.
  • Memungkinkan terbangun sebuah hubungan.

Tips cara menjual kosmetik dengan mudah yang keempat  :

“Seseorang yang akhirnya membeli produk kita, lebih sering karena alasan salut dan suka kepribadian kita yang menarik, penuh perhatian. Postingan promosi memang perlu, tapi mereka sulit untuk membeli tanpa diawali dengan hubungan yang baik. Ini rahasianya.”

5. Mau Menjual Kosmetik Lebih Mudah? Gunakan Gaya Bahasa yang Sesuai

Dalam berkomunikasi, baik secara langsung maupun di medsos, penting bagi kita menggunakan bahasa yang tidak terlalu tinggi.

Itu yang bagaimana si? Gaya bahasa yang kemungkinan sangat berat untuk dicerna oleh orang-orang yang merupakan target market potensial kita.

Solusinya, pahami kembali siapa mereka. Kalau ibu-ibu, silahkan gunakan tema-tema yang aktual di kalangan ibu-ibu. Tentunya, dengan bahasa yang mudah dicerna.

Mengapa harus begitu?

Jika gaya bahasanya terlalu berat, maka akan berpotensi membuat teman-teman kita merasa sungkan untuk berkomentar.

Makanya, kadang kita sering bikin status tapi tidak ada yang komentar atau nge-like, kan? Bisa jadi, karena bahasa kita terlalu tinggi.

Tips cara menjual kosmetik dengan mudah yang kelima  :

“Gunakan gaya bahasa percakapan yang santai, baik dalam tulisan postingan, berkomentar, maupun ketika chating. Dengan pola seperti ini, kita sedang berusaha untuk menjadi sama seperti mereka. Produk kosmetik akan mudah diterima oleh mereka yang mirip dengan kita.”

Mau Menjadi Reseller B Erl Cosmetic dan Menjual Kosmetik dengan Mudah?

Agar mampu menemukan cara menjual kosmetik dengan mudah, cobalah untuk merenungkan sebuah riset yang menyebutkan bahwa “rasa suka” terhadap seorang penjual, sangat berpengaruh terhadap kemauan seseorang untuk membeli. Kekuatan promosi, khususnya di sosial media, tidak selalu pada copywritingnya, melainkan pada sebuah jalinan hubungan.

Nah, kalau teman-teman ingin lebih mudah dalam menjual, menjadi disukai itu penting banget. Mulai sekarang, yuk kita bangun keakraban dengan calon pembeli kita. Semangat, ya?

Tertarik untuk menjual produk kosmetik yang disertai dengan bimbingan bisnis penuh manfaat seperti ini? Yuk gabung menjadi reseller B Erl Cosmetics. Anda akan dibimbing agar bisa segera mendapatkan penghasilan dengan berjualan kosmetik dari B Erl.

Tekan tombol “Tanya Mitra” untuk beramah-tamah dengan customer service kami :