5 Kata-Kata Merayu Konsumen, Jangan Tertawa Ini Ilmu, Lho..

Posted on

Kayqi.com – Kata-kata merayu konsumen yang akan kita bahas kali ini, bukan dalam artian merayu yang negatif, melainkan membujuk (secara psikologis). Tujuannya agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan. Berikut adalah contoh kata-kata merayu konsumen yang bisa Anda coba praktikkan sehari-hari.

1. Buat Konsumen Merasa Pantas dan Mampu Membeli, Ide Bagus, Nih!

Jika kita menggunakan kata-kata yang menganggap seseorang pantas dan mampu membeli, maka secara psikologis, dirinya akan merasa punya nilai pantas, seperti apa yang kita katakan.

Nilai pantas yang diucapkan kita kepada konsumen, bertujuan untuk mempengaruhi agar mereka menyingkirkan mental “tidak mampu” dan mengubahnya menjadi mental “sangat mampu.”

Dalam kondisi ini, sesungguhnya, kita sedang membuat kesepakatan bahwa seorang konsumen itu sangat layak memiliki produk kita.

Makanya, dia tidak perlu menolak penawaran kita dengan beragam alasan.

Contoh kata-kata merayu konsumen dengan trik ini, misalnya :

“Kalau bukan Bu Haji, saya nggak berani lho nawarin gamis Aulia yang mutunya tinggi kayak Aulia ini. Saya nggak mungkin salah orang lah…”

Ini artinya, kita sedang memuji Bu Haji, bahwa dirinya begitu pantas dan mampu membeli produk bermutu tinggi. Makanya, kita berani memasarkan gamis.

kata kata merayu konsumen

2. Merayu Konsumen dengan Kata-Kata Promosi yang Membuat Berkelas, Seperti Ini Contohnya

Kadang-kadang, perasaan ingin dianggap berkelas, adalah motivasi seseorang untuk mau membeli. Jadi, bukan semata-mata karena butuh produknya.

Fakta seperti ini, bisa kita jadikan bahan rayuan untuk mempengaruhi konsumen melalui kata-kata.

Tapi ingat, walaupun menggunakan istilah “merayu” singkirkan jauh-jauh kesan “merayu secara berlebihan” atau sesuatu yang berkesan norak.

Fokuskan pada nilai-nilai etika agar tetap pada batasan wajar. Maksudnya, tidak terlalu berlebihan yang pada akhirnya akan membuat konsumen merasa risih.

Contoh ungkapan kepada konsumen yang membuat dirinya merasa berkelas, misalnya :

“Namanya barang berkelas lah Mbak, saya juga milih-milih orang. Paling enggak, ya saya nyari yang kelasnya kayak Mbak Nita ini..”

Ini artinya, kita sedang menyanjung Mbak Nita agar merasa dirinya berkelas. Kalau sudah berkelas, cocoknya ya membeli produk berkelas dari Aulia, logikanya seperti itu.

3. Merayu Konsumen dengan Kata-Kata yang Membuatnya Merasa Cantik

Jika konsumen Anda perempuan, kecantikan dapat dijadikan sebagai bahan rayuan yang cukup efektif. Asal proporsional, ini sah-sah saja.

Triknya, Anda tidak harus mengidentifikasi kecantikan sebagai penampilan wajah. Bisa juga, memuji tubuh yang ideal, kulit putih, awet muda, dan sebagainya.

Walaupun “dianggap cantik” biasanya disukai kaum Hawa, bukan berarti semua perempuan suka dengan pujian yang diungkapkan secara langsung.

Ada juga yang malah jadi bete, karena merasa apa yang kita katakan terlalu berlebihan.

Jika akan menggunakan trik ini, sebisa mungkin ekspresi kita spontan, seperti tidak direncanakan sama sekali.

Sisipkan kata-kata merayu semacam ini di tengah pembicaraan yang secara tidak langsung sedang memuji bahwa dirinya cantik.

Contoh kata-kata membujuk konsumen secara langsung, misalnya :

“Wah, kalau buat emak cantik yang bodinya masih singset kaya Mbak Yuni ini, dipakein model apa saja ya tetep aja luwes. Apalagi kalau pakai warn cerah, bisa-bisa dikira masih gadis…”

Ini artinya, sedang memuji Mbak Yuni kalau dia itu cantik, dan semakin cantik jika menggunakan gamis Aulia yang kita tawarkan.

Contohnya kata-kata merayu konsumen secara tidak langsung, misalnya :

“Ini anak terakahirnya Mbak Yuni, ya? Duh, cakep banget si, kulitnya putih banget mirip ibunya…”

Inti artinya, secara tidak langsung sedang memuji Mbak Yuni bahwa dirinya cakep, itu dibuktikan dengan anaknya yang juga cakep.

kata kata merayu konsumen

4. Buat Agar Konsumen Merasa Pintar dan Tahu Sesuatu, Ini Trik Merayu yang Cerdas

Seorang konsumen yang dianggap pintar dan tahu sesuatu, akan menyingkirkan kesan “tidak tahu barang bermutu” seperti yang sedang kita tawarkan.

Ungkapan kata-kata merayu semacam ini, adalah pengakuan bahwa seorang konsumen “tahu banyak” tentang kualitas produk, tidak perlu diragukan lagi.

Jika trik ini digunakan secara efektif, maka kita tidak perlu terlalu keras dalam membujuk atau merayu dengan banyak kata-kata.

Kira-kira, seperti apa contohnya? Berikut contoh ungkapannya :

“Saya paham lah, Mbak Retno ini tahu bahan pakaian berkelas. Makanya dari awal saya pede, pasti Mbak Retno nggak bakalan ragu dengan bahan wollycrepe…”

Ini artinya, sedang memuji Mbak Retno kalau dia itu pintar, tahu mana bahan pakaian yang mahal dan mana yang murah.

5. Buat Agar Kita Sangat Memahami Seperti Apa Selera Konsumen

Seorang konsumen memiliki selera tertentu terhadap suatu produk. Gampangnya, ada konsumen yang punya selera tinggi, ada pula yang tidak.

Konsumen yang punya selera tinggi, tentu akan memilih produk gamis dengan kualitas tinggi seperti produk Aulia yang sedang kita tawarkan. Demikian pula sebaliknya.

Teknisnya, kondisikan agar kata-kata yang kita ungkapkan, mampu menunjukkan bahwa kita sangat paham dengan selera mereka yang tinggi, high class.

Contoh ungkapannya seperti ini misalnya :

“Saya tahu lah, selera Jeng Nela itu yang branded-branded. Makanya saya tawarin gamis yang bagus sekalian. Sebenarnya saya punya gamis yang biasa, tapi saya ragu. Takutntya, Mbak Nela nolak, soalnya itu bukan produk branded si…”

kata kata merayu konsumen

Kesimpulan Tentang Kata-Kata Merayu Konsumen

Nah, itulah beberapa contoh kata kata merayu konsumen ketika kita menawarkan gamis Aulia atau produk lainnya. Saran kami, ungkapkan kata-kata pujian sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Kalau berlebihan, justru membuat konsumen merasa risih atau tidak nyaman.

Rahasianya adalah : “Ambil sudut pandang penawaran yang membuat konsumen merasa eksklusif, bergengsi, dan berbeda dengan kebanyakan orang.”

Oh, ya. Kalau teman-teman ingin jualan busana muslim tapi bingung mencari supplier gamis syari tangan pertama,  saya dan tim siap membantu ya? Kabar baiknya, teman-teman akan mendapatkan tips-tips bagus seperti ini.

Silahkan klik sentuh tombol “Mau Julan” di bawah ini..